Tuesday, July 24, 2012

TIPS DAN TRIK

BELOK  : Kali ini saya akan perkenalkan jurus jitu untuk mengendarai mobil saat belokan.
                  Pada saat belok usahakan pandangan kita mengarah ke ujung jalan belokan,kemudian jika mobil sdh mendekati ujung jalan belok posisikan ujung dasbord mobil pada ujung jalan belok (otomatis pakai mobil yg ada kap depannya sehingga kap depan mobil diposisikan agak keluar) lalu gerakkan setir untuk mengikuti sudut belokannya,setelah itu kembalikan setir pada posisi semula pada saat pandangan hampir mendekati posisi lurus,
                        Untuk mengendarai di belokan jalan yg menyempit disarankan untuk menyerongkan setir ke arah berlawanan kemudian putar setir sesuai sudut belokannya.

TANJAKAN  :
                        Untuk latihan tanjakkan disarankkan hrs paham yg dimaksud 1/2 kopling dan usahakan tidak menggunakan rem tangan dulu dengan tujuan melatih perasaan kaki kanan dan kiri dalam mengoprasikkan kopling dan gas.
                        Nah...langkah pertama kaki kanan injak rem kemudian kaki kiri injak kopling penuh lalu masukkan versneling ke gigi 1. Terus pada saat kaki kanan masih menginjak rem coba lepas kopling pelan-pelan sampai terasa ada perubahan getar pada mobil ( di tachometer/RPM jarum menunjukkan angka disekitar 500 RPM),kemudian tahan kaki kiri di pedal kopling jangan ada perububahan lalu coba lepas rem dan pindahkan kaki kanan ke pedal gas lalu naikkan RPM sekitar 1500 RPM,maka mobil tdk akan turun di jalan yg nanjak.
                             Kemudian untuk jalan merambat naik coba angkat kopling ke atas sedikit sekitar 1 centi (perkiraan/perasaan),maka mobil akan merambat naik untuk berhenti lagi coba tekan pedal kopling sedikit sekitar 1 centi (perkiraan/perasaan) maka mobil akan berhenti.
                              Nah..kalau sdh bisa mengendalikan kopling dan gas anda bisa memainkan rem tangan yang biasanya digunakan pada saat parkir atau berhenti ditanjakan untuk waktu yang lama.

MUNDUR    :
                             Ada yang perlu diingat untuk jalan mundur gunakan versneling diposisi R.Dan jangan lupa untuk menggunakan spion kanan, kiri dan tengah.
                             Pada saat kita coba latihan mundur cari jalan yang lurus dan rata,dan pada saat kita akan mulai menjalankan mobil untuk mundur lihat spion tempat kita parkir (kalau parkir kiri lihat dulu spion kiri-kalau parkir kanan lihat dulu spion kanan).Usahakan ada jarak yang aman posisi mobil dengan jalan disampingnya.Saat kita jalan mundur yang perlu diingat adalah *jika setir mobil kita arahkan ke kiri maka hasilnya belakang mobil akan ke kiri dan jika setir mobil kita arahkan kekanan maka belakang mobil akan mengarah ke kanan.*
                              Usahakan menjalankan mobil dengan gerakan merambat ( main gas dan kopling ) agar kita dapat mengetahui perubahan arah yang kita inginkan.


                           

No comments: